Wow… UNJA Tempati Posisi Pertama di Sumatera

unja

IMCNEWS.id–  Universitas Jambi (UNJA) saat ini patut di acungi jempol. Berdasarkan data Kementrian Ristek dan Dikti tahun 2015, ternyata UNJA menempati posisi nomor satu pada program studi dan nomor dua  bidang fakultas di Sumatera.

 

Capaian yang luar biasa selama empat tahun terakhir yang diraih UNJA ini bila dicermati dalam hal perluasan akses pendidikan tinggi. Ada 58 program studi S-1 membawa peringkat UNJA dalam posisi nomor satu dan 14 fakultas menempati posisi peringkat ke 2 di Sumatera.

Kepada imcnews.id  Rektor UNJA, Prof.H.Aulia Tasman,Ph.D mengatakan,  hal ini tentu akan membuka akses yang luas bagi lulusan Sekolah Menengah untuk studi lanjut khususnya program studi strategi nasional (teknik/rekayasa, sains dan kesehatan). Hanya saja dikatakannya, kehadiran prodi baru belum sebanding dengan penyediaan dosen, tenaga pendidik dan kependidikan serta infrastruktur pendukung untuk menyelenggarakan try dharma yang berkwalitas.

Dikatakannya lagi, saat ini, peran yang seharusnya diemban oleh UNJA yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tertua di propinsi Jambi yang mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan fungsi akademik yang tercermin dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu, pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

“Untuk dapat melaksanakan tugas ini, UNJA sudah harus membuat perencanaan, Pelaksanaan dan pengawasan kegiatan tugas pokoknya secara sistematis sehingga yang telah ditentukan dapat tercapai” jelas Rektor.

Hanya saja menurutnya, berdasarkan hasil evaluasi diri dan rekomendasi dari BAN-TT, ada beberapa hal yang harus di benahi oleh UNJA empat tahun kedepan sekaligus sebagai landasan menuju World Class University

“Diantaranya, Sumber Daya manusia, Sarana dan Prasarana, Perpustakaan, sistem informasi, penjamin mutu dan bidang kerjasama” jelasnya. (ori)

Leave a Reply

Name *
Email *
Website